Kamis, 18 Maret 2010

The One And Only, Saijo

Halo semuaa..
Pada postingan kali ini, gw mau bercerita mengenai kota di mana gw tinggal dan belajar di Jepang, yaitu Saijo.
Saijo, sebenernya lebih tepat disebut kecamatan sih daripada kota, terletak di kota Higashi Hiroshima di Hiroshima Prefecture. Dalam peta di bawah ini, Hiroshima Prefecture tuh ada di bagian yang warnanya pink terang, sedangkan yang warnanya pink menyala adalah kota Higashi Hiroshima. Seperti arti namanya, (Higashi artinya timur), kota ini adanya di sebelah timur Hiroshima City, yang jadi ibukota Hiroshima Prefecture.


Nah, di dalam kota Higashi Hiroshima itu, ada beberapa kota kecil lagi, mungkin kalo di Indonesia dibilang kecamatan kali ya, misalnya aja Saijo dan Hachihonmatsu. Nah, ini peta dari kota Higashi Hiroshima.
Higashi Hiroshima ini kotanya kecil, penduduknya juga ga banyak-banyak amat, cuman 183 ribu orang (Wikipedia). Bandingkan sama Bandung yang penduduknya lebih dari 2.5 juta orang (Wikipedia). Woow, sangat kecil sekali bukan. Hehehe.. Tapi, walaupun kecil, kotanya tertata dengan baik, rapih dan nyaman untuk ditinggali. Tapi saking kecilnya, ga ada tuh yang namanya shopping mall atau tempat main di sini. Paling yang ada cuman supermarket besar doang. Pokonya kalo mau nyari hiburan ya gw main ke Hiroshima city. Agak-agak sedih juga sih.

Tempat gw belajar sekarang yaitu Hiroshima University adalah universitas terbesar di Hiroshima Prefecture. Berikut di bawah ini adalah peta dan sebagian pemandangan yang bisa dilihat di Hiroshima University.



Peta yang pertama (yang atas) adalah peta yang nunjukin lokasi Hiroshima University di Saijo, sedangkan peta yang kedua adalah peta dalemannya Hiroshima University. Dalam peta yang pertama, Hiroshima university ada di kiri bawah, yang warnanya coklat terang. Di Hiroshima University ini gw belajar di engineering faculty. Nah, engineering faculty ini di peta yang kedua (yang bawah) adanya di daerah yang dibatesin garis biru muda.

Terus di bawah ini adalah pemandangan dari Hiroshima University. Maaf gambarnya kurang bagus, habisnya gw belom sempet foto-foto yang bagus dan di internet adanya cuman ini gambar yang bagus. Ntar kalo ada yang lebih bagus lagi bakal gw post lagi deh.



Yang nggak kalah pentingnya, adalah soal objek wisata dan makanan enak! Hahahaha.. Pertama, soal objek wisata, di hiroshima prefecture ini, kebanyakan objek wisatanya adalah objek wisata yang berkaitan dengan sejarah, atau pemandangan alam. Agak boring juga sih sebenernya karena (sepengetahuan gw) ga ada tuh yang namanya amusement park atau tempat yang asik-asik buat dikunjungi di Hiroshima Prefecture ini.
Yang pertama kalo mengunjungi Hiroshima, pasti harus mengunjungi Peace Park. Di sana ada Genbaku dome, alias monumen bom atom, dan museumnya. Pemandangannya juga bagus, dan dikemas dengan bagus. Nih gambar peace park dan genbaku dome.



Sedangkan soal Miyajima, gw sebenernya udah pernah post sih tentang Miyajima, tapi gw kasih lagi gambarnya (dengan gambar gw tentunya) hahaha.. O iya, btw, menurut salah satu situs web (gw lupa nama situsnya), Miyajima adalah objek wisata ke 3 paling terkenal di Jepang.



menurut gw pribadi (sekali lagi cuman pendapat pribadi aja), sebenernya objek wisata dan pemandangan alam Jepang bagus sih, cuman ga spektakuler. Walaupun gw emang belom pernah ke Kyoto atau Nara. Gw malah bisa bilang kalo Indonesia tuh punya alam yang jauh lebih indah dari Jepang. Tapi, satu hal yang perlu kita saluti dan kita tiru adalah objek wisata di Jepang tuh dikelola dengan baik dan maintenancenya juga bagus.
Contohnya Genbaku Dome. Intinya kan sebenernya cuma bangunan yang setengah runtuh dari bom atom aja, tapi mereka bikin taman khusus, bikin prasarana-prasarana yang bagus, dan bikin museum khusus. Hasilnya? Turis dari berbagai macam negara dateng ke Genbaku Dome.
Nah, negara kita? Punya Candi Borobudur yang dulu pernah masuk 7 wonders aja sekarang keadaannya menurut gw kurang bagus dan kurang diperhatiin. Akses ke sana agak susah, dan berbagai macam masalah yang lain. Sebenernya kalo objek-objek wisata kita dikelola secara bener, gw sih yakin negara kita bisa hidup dari sektor pariwisata doang. Agak sedih juga ya..

Oke. Gw ga mau sedih berlama-lama, karena sekarang saatnya ngebahas makanan! Yeeeaaahh!! Makanan dari Hiroshima Prefecture yang terkenal sudah pasti Okonomiyaki. Di Jepang ada 2 style okonomiyaki yang terkenal, yaitu Osaka style dan Hiroshima style. Kalo Hiroshima style, bahan-bahan penyusunnya disusun membentuk lapisan-lapisan dan ditumpuk-tumpuk, sedangkan kalo Osaka style, semua bahannya dicampur. Jadi kaya mie goreng sih. Oke ini gambar okonomiyaki.


Harganya? Yah, lumayan mahal sih. Di restoran favorit gw di deket kampus, harganya berkisar dari 700 sampai 1400 yen. Mungkin kalo dirupiahin sekitar 70 sampe 140 ribu kali ya. Tapi it's worth it loh, karena emang enak! Hehe..
Selain okonomiyaki, salah satu makanan favorit gw di sini adalah Yakigaki, alias kerang bakar. Ini gambarnya.


Sebenernya yakigaki ini merupakan makanan khas dari Miyajima. Rasanya? Beuuuuhh.. Jangan ditanya! Mantep banget!!! Sumpah, kalo temen-temen ke Hiroshima, harus nyobain makanan ini. harganya? hmm.. Satu kerang harganya antara 200-300 yen alias 20 sampe 30 ribu rupiah. Walaupun rasanya enak banget, tapi kayanya kita harus hati-hati deh kalo makan ini. Soalnya kayanya kolesterolnya tinggi. Hahaha..

Oke, segitu dulu postingan gw. Mudah-mudahan bisa menambah pengetahuan teman-teman tentang Hiroshima Prefecture.

Pictures taken from:

6 komentar:

  1. wew.. ulasan yang apik sekali kak jopan! :)
    kapan-kapan saya ke sana ah!!!
    thx for share :)

    BalasHapus
  2. terimakasih dik gita! :D

    BalasHapus
  3. hmm kecamatan sef? mirip bangil dong tuh! ahahahahahahahaha.
    gilaaa kapan ya bangil bisa kayak gitu!

    BalasHapus
  4. ada yang idem dengan USA bang:

    1. Untuk persoalan Mall, bahkan saya belum pernah lihat Mall di USA yang berbentuk seperti Mall di Indonesia. Mall definisi di sini agak berbeda sih bang. Dalam bahasa kasarnya: USA tidak punya Mall :)) :))

    2. Untuk masalah objek wisata pun, sebenarnya saya yakin indonesia masih jauh lebih indah. Tapi satu lagi, memang Indonesia itu agak buruk perawatan & maintenance objek wisatanya.

    Jangankan institusi yang mengelola deh bang; Lihat saja kelakuan masyarakat indonesia, buang sampah masih sembarangan. Fasilitas umum juga cepat rusaknya. Bagaimana bisa merawat objek wisata sekelas Candi Borobudur? :)) :)) :))

    Tentu saja saya sepenuhnya cinta & bangga dengan Indonesia, tapi saya tidak suka karakter manusia Indonesia.

    =========================================

    Oke sekarang komentar foto2nya. Bagus bang, arsitekturnya sip banget deh. Modern-Minimalis.

    BalasHapus
  5. wah cocok banget,,,q jadi lebih suka makan nih ok thanks ya n kalo bersedia coment balik ya

    BalasHapus
  6. Halow, keren banget ceritanyaa kak.
    Salam kenal hehe, saya pengen tanya2 lebih lanjut boleh kak tentang jepang? Karna daya berencana ke sana dan masi blm trlalu tau, terimakasih

    BalasHapus