Minggu, 21 Maret 2010

Japanese Old House

Hi all!!
Pada postingan kali ini, gw akan bercerita mengenai old style Japanese House..

Ceritanya begini.. Dimulai dari gw dan kedua temen gw yang satu program yaitu Anand (India) dan Chien (Vietnam) diundang oleh Ishii Takeshi -san, yang mana adalah host family kita bertiga, untuk makan siang dan malem bareng di rumahnya yang ada di daerah Hachihonmatsu.
*Hachihonmatsu sama kaya Saijo tempat gw tinggal, adalah nama distrik di kota Higashi Hiroshima, seperti yang udah gw jelasin di postingan gw yang lalu. Btw, selain ngundang kita bertiga, doi juga ngundang 2 mahasiswa lain yaitu Eric (Phillipines) dan Xay (Laos).



Gambar di atas adalah foto gw bersama keluarga Ishii. Dalam foto di atas, Ishii Takeshi-san adalah orang yang pake sweater biru dan celana khaki.

Oke, back to the story. Jadii, ceritanya setelah kita makan siang (we had yakiniku for luch btw. delicioso!) MySpace kita dianter oleh Ishii san untuk berkeliling ke daerah deket rumahnya. Berhubung Hachihonmatsu masih kaya pedesaan di Jepang sini (bahkan lebih desa dari Saijo), makanya masih banyak rumah Jepang tempo dulu dan ada kuil juga.


Nah, gambar di atas adalah contoh rumah khas Jepang model lama. Liat struktur bangunannya, masih kayu semua kan? Tapi walaupun kayu, bangunan2 model lama di Jepang ini tahan gempa loh!


Nah, hal lain yang membuat gw tertarik adalah: di Jepang, setiap persimpangan (walaupun cuman jalan seupil pun) ada kaca bulet buat ngeliat kendaraan dari jalur yang lain. Wow, hebat sekali ya. Berkendara pun menjadi nyaman sekali. MySpace


Nah, kita akhirnya berhenti di rumah pamannya Ishii san (*fyi, rumah Ishii san sendiri udah western style karena selain rumahnya termasuk baru, ishii san pernah tinggal di Houston US selama 7 tahun). Rumah pamannya Ishii san ini udah tua banget, udah lebih dari 2 generasi, dan umurnya hampir 300 tahun. Foto di atas adalah tampak depan rumah paman Ishii san (*dari kiri ke kanan: Eric, Xay, gw, Anand, Ishii Takeshi san).
Ayo kita intip daleman rumah pamannya Ishii san!


First of all, ayo kita intip dapurnya! Gambar di atas adalah gambar tungku kayu yang digunakan di rumah tua di Jepang. Wooow.. tampak bergaya sekali bukan??? bagaikan kompor gas ya! hahaha.. bandingkan dengan tungku kayu tradisional Indonesia pada gambar di bawah ini.

Hahaha.. Agak-agak miris juga ya ngeliatnya.


Kemudian, gambar di atas adalah semacam washtafel gitu deh. Gunanya buat nyuci tangan atau bahan makanan kaya sayur dan buah sebelum dimasak. Karena terbuat dari batu gitu, masih agak sama lah ya sama tempat cuci di rumah-rumah Indonesia tempo dulu.
Setelah liat dapurnya, ayo kita intip gudangnya!


Rumah-rumah tua di Jepang biasanya punya satu ruangan khusus buat gudang. Bahkan karena keluarga Ishii san dulunya adalah petani, rumah pamannya Ishii san ini selain punya ruangan gudang ini juga punya satu bangunan lain di samping rumahnya buat nyimpen alat-alat pertanian. Bahkan menurut cerita Ishii san, dulu mereka pernah pelihara sapi di gudang itu. Hahaha. Ga jauh berbeda ya dengan kondisi di Indonesia.


Nah. di gambar di atas, gw mau nunjukin kalo ruangan gudang rumah itu tuh ada dua lantai. Wuih, kalo rumah tua, mungkin banyak banget kali ya barang wasiat yang disimpen. Padahal lantai satunya sendiri sebenernya udah cukup luas loh menurut gw!


Nah, ini dia yang menurut gw paling menarik! Buat temen-temen yang ga tau gambar di atas itu gambar apa, gambar itu adalah gambar keroposan dinding ruangan gudang rumah pamannya Ishii san. hehe.. Jadi menurut Ishii san, walaupun rumah ini dibuat dari kayu, tapi tembok ruangan gudangnya tuh dibuat beda, sehingga kalaupun rumah ini kebakar, ruangan gudangnya ga bakal kebakar. Wooooww!! Hebat yaaa.. MySpace
Nah, selanjutnya, ayo kita lihat ruangan di dalam rumahnya!


Mungkin udah banyak temen-temen yang tahu dari komik atau anime bahwa gang yang menghubungkan ruangan-ruangan di dalam rumah lama Jepang terletak di sisi luar ruangan itu. Berbeda dengan kebanyakan rumah di Indonesia yang ruangan-ruangannya dihubungkan dari sebelah dalam, atau dari ruang keluarga atau ruang makan.


Nah sebenernya kita bisa juga masuk ke ruangan lain dari pintu yang ada di ruangan sebelahnya. Seperti yang saya yakin temen-temen udah pada tahu, pintu ini terbuat dari kertas dan agak gampang robek. Jadi we should be careful not to break it. Hehe.


Di rumah tua di Jepang, biasanya ada semacam kuil kecil buat menyembah leluhur seperti gambar di atas (maap gambarnya kurang jelas). Biasanya di sini ditempatin abu-abu dari leluhurnya yang punya rumah itu. Di rumah pamannya Ishii san ini juga ditempatin abu pamannya Ishii san (*btw udah meninggal, jadi yang hidup di rumah itu adalah bibinya Ishii san. Kasihan loh, sebenernya, Udah tua tapi hidup sendiri. Fyi, di Jepang banyak orang tua yang hidup sendiri, karena anak-anaknya pada kerja di kota).


Gambar di atas juga adalah kuil kecil, tapi gw ga tau gunanya buat apa. Sebenernya tadi Ishii san ngejelasin, sih. Tapi gw lupa. MySpace hehehe..


Naaahh.. Ini juga menarik nih. Di komik atau anime, kita taunya rumah jaman dulu di Jepang tuh atapnya pake genteng tanah liat yang kaya dipake sama rumah-rumah di Indonesia sekarang. Tapi ternyata rumah yang emang bener-bener tua di Jepang, atapnya masih terbuat dari jerami kaya yang di rumah paman Ishii san ini. Gambar di atas adalah foto ketebalan jerami yang dipake buat ngebikin atapnya. Sumpah tebel banget! Lebih dari setengah meter tebelnya. Sayangnya gw tadi ga nanya gimana caranya buat menahan jerami-jerami itu buat tetap di tempatnya.


Oke, terakhir adalah tamannya. Taman yang ada di rumah-rumah di Jepang sebenernya berukuran kecil (kalo bukan rumah orang kaya banget atau guest house), dan menurut gw sih kurang hijau ya. Hehe.. Biasanya tamannya adalah perpaduan pohon yang daunnya dibentuk, bebatuan, dan kadang-kadang kalo ada space lebih, mereka bikin kolam.



Nih dua rumah Jepang lain yang kita lewatin waktu mau jalan balik ke rumah Ishii san lagi. Yah, sudah bisa ditebak kalau dua rumah di atas jauh lebih baru dari rumah pamannya Ishii san. Hehe. Buat gambar rumah yang di bawah. Tanaman panjang di atas gerbangnya cuman satu pohon ya. Ajigile panjang bener yak..


Gambar rumah di atas ngingetin gw sama kamarnya Nobita di film Doraemon. Makanya gw foto. Hahaha..

Okeh. Segitu dulu postingan gw kali ini. Sebenernya tadinya gw mau cerita juga mengenai kuil di Jepang yang kebetulan tadi juga kita lewatin. Cuman nih postingan udah panjang banget bo! Chape guwee.. Hehe.

Semoga postingan ini bisa menambah pengetahuan mengenai rumah gaya Jepang buat temen2 yang baca yaaa...

3 komentar:

  1. woooww!! gw terkesima sama koridor rumah itu..beneran mirip sama di pilem2 jepang ituuu tuuh..film geisha dan kawan2nya..hehehhee...

    dan terkesima juga sama tungku tradisional dari indonesia itu..original sekali..seperti di zaman2 kehidupan sebelum masehi..hahahhaa...

    BalasHapus
  2. sef,hmm emoticon apa sih tuh?mengganggu dan agak garing,hehehe..
    Btw klo rumah yg kedua dr bawah justru ngingetin gw kayak rumahnya sinichi kudo,hehehehe

    BalasHapus
  3. idem deh dengan kak Dwi...langsung terbayang manga-manga, terutama Doraemon :))

    BalasHapus