Selasa, 06 April 2010

Osaka - USJ Trip

Ahoy ahooy..
Kali ini gw mau cerita mengenai perjalanan gw ke Osaka dan Universal Studio Japan (USJ, yang juga terletak di Osaka).
Awal ceritanya begini, jadi pertama-tama, sekarang kan gw lagi liburan nih, kemaren tuh gw mikir, "udah gw libur cuman 2 minggu (mahasiswa Jepang lain dapet libur lebih dari sebulan), masa gw kaga kemana2 sih?". Berdasarkan pemikiran itulah maka gw memutuskan untuk pergi jalan2. Rencana awal gw sebenernya ke Fukuoka, tapi karena ada temen yang nyaranin lebih baik ke Osaka dan USJ kalo mau have fun, jadilah gw ke sana.
Gw berangkat dari Saijo naik bis malem (2 April), sampe di Osaka 3 April. Bisnya menurut gw oke banget. Walaupun dari segi harga ga begitu murah, tapi nyaman banget. Jadi sepanjang perjalanan gw bisa tidur deh.


Nah, gw sampe di Osaka tanggal 3 pagi dan gw turun bis di Osaka Eki (Eki = station). Wow, ternyata Osaka Eki besaaarr sekali. Sampe bingung gw nyari pintu keluarnya. Hahahaha.. Gambar di atas itu foto north central gate dari Osaka Eki. Osaka Eki besar karena selain berfungsi sebagai stasiun kereta juga berfungsi sebagai stasiun subway. Masih untung ga digabung sama stasiun Shinkansen, karena kalo digabung bakal jauuuhh lebih besar lagi. Hehe.


Nah, dari stasiun Osaka pertama-tama gw book hotel dulu. Jangan sampe gw ntar bermalem di kolong jembatan ya kan. Berhubung waktu gw ke sana adalah weekend dan musimnya sekolah lagi pada libur, jadi gw hampir ga dapet hotel waktu itu. Btw, di gambar di atas, hotel yang gw tempatin itu bangunan paling gede yang warnanya abu-abu gelap. Hotelnya murah banget! Cuman 2100 yen per malem, which is 210.000 Rupiah, walaupun kamarnya cuman 2*3 dan isinya cuman tempat tidur, TV sama kulkas doang. Toilet sama kamar mandinya share. Okee.. Setelah memastikan hotel, lalu perjalanan gw mengelilingi Osaka dimulai.



Yang, pertama, gw mengunjungi Tsutenkaku. Buat yang baca Detektif Conan, monggo dibuka lagi buku komiknya yang volume 19. Nah, kan gw udah semangat 45 kan ya ke sono berhubung gw udah tahu Tsutenkaku itu dari SD dari komik Conan, terus sekarang dapet kesempatan lihat langsung. Tapi ternyata oh ternyata.. Tsutenkaku yang jadi salah satu simbol Osaka itu ngga banget. Gw ke-ce-wa. Lebih rendah dari Monas dan adanya di daerah yang kaya pasar malem terus lihat deh pintu masuknya di foto yang di atas. Ngga banget. Kesannya ga niat. Yah, saran gw bagi temen2 sekalian yang mau ke Osaka, ga usah mampir ke Tsutenkaku deh. Hehe.



Nah, dari Tsutenkaku, gw ke kuil Shitennoji. Kuil ini lumayan terkenal di Jepang, kalo ga salah di Osaka juga salah satu kuil yang paling besar deh. Dua gambar di atas adalah foto Shitennoji. Yang pertama itu gambar gerbang selatannya, dan gambar yang kedua itu salah satu bangunan di dalemnya (gw ga tahu itu bangunan apa dan buat apa). Shitennoji bagus!! Apalagi tamannya. Untungnya pas gw ke Osaka tuh sakura di Osaka pas lagi mekar-mekarnya, jadinya bagus banget. Di dalem Shitennoji ini sendiri ada patung Buddha yang guueeeddhheeee buanget yang terbuat dari emas. Sayang ga boleh difoto. Yah, buat yang berkunjung ke Osaka, monggo mampir ke Shitennoji ini. Bagus ko. Tapi kalo mau ke dalemnya bayar 300 yen. Itu yang bikin gw agak2 males sih. hehe..


Dari Shitennoji shrine, destinasi selanjutnya adalaaaaahh: Osaka castle! Gila2an, Osaka castle ini bener-bener heaven on earth. Di tamannya sakuranya buaguuuuuuusss banget. Pas gw ke sana kan weekend tuh, jadi banyak yang Hanami (flower watching). Dua gambar yang di atas itu foto2 gw waktu di Osaka castle. Di dalem Osaka castle nya sendiri juga lumayan bagus, dibikin kaya museum gitu, dan kita bisa naik sampe tingkat paling atasnya dan ngeliat kota Osaka dari puncak bentengnya. Oke banget lah pokonya. Ini tempat yang harus dikunjungi kalo temen2 ke Osaka.



Oke, dari situs bersejarah dan simbolnya Osaka, sekarang kita keee: Shopping centre!! Shopping centrenya osaka terletak di sepanjang jalan dari Nanba sampai ke Ebisubashi (kalo ga salah ya). Panjang banget lah pokonya. Lebih dari 4 km panjangnya. Di sepanjang jalan ada toko merk-merk terkenal kaya Tag Heuer, Starbucks, Disney Store, dan lain sebagainya. Terus gw di sini beli jam baru deh. Hahaha.. Couldn't resist the temptation.
Sebenernya konsep Nanba ini sama dengan Shopping centre di Hiroshima city yang di Hondori Street, tapi tentu saja jauh lebih panjang dan lebih banyak toko2 branded nya.



Habis jalan-jalan seharian cape banget dong yaa.. Saatnya kita cari makaan! Yeah!
Makanan yang terkenal dari Osaka ada 2 (sepengetahuan gw. Maap kalo salah), yaitu Okonomiyaki yang Osaka style dan Takoyaki. Dua gambar di atas itu foto makanan yang gw coba. Yang atas itu foto Okonomiyaki, yang bawah Takoyaki.
Okonomiyaki Osaka style, seperti yang gw udah pernah bilang di postingan terdahulu, semua bahan-bahannya dicampur, jadi kaya mie goreng. Untuk menu yang gw pesen itu cuman dibungkus sama telor dadar aja. Hehe. Kalo dibandingin sama yang Hiroshima style, okonomiyaki Osaka style ada poin plus nya, ada minus nya. Plusnya yaitu nggak pake kubis sebanyak yang Hiroshima style (karena gw kurang suka sama kubis. Hehe), tapi minusnya gw rasa sih sausnya agak kebanyakan, jadi agak2 keasinan. Yah, senggaknya penilaian ini gw dasarkan dari menu yang gw pesen, maaf kalo ternyata ga bisa mewakili Okonomiyaki Osaka style. Hehe.
Terus yang kedua, gw nyobain Takoyaki. Takoyaki ga perlu gw jelasin lagi lah ya, karena udah banyak toko takoyaki di Indonesia. Tapi waktu jalan di Osaka kemaren gw merasa aneh karena Osaka terkenal karena takoyakinya, tapi kemaren gw susahnya minta ampun buat nyari takoyaki shop di Osaka. Bushet dah. Waktu akhirnya gw nemu, tahu harganya berapa? 800 Yen!! Oh my God, padahal cuman jajanan gitu doang harganya 80 ribu perak! Tapi gw waktu itu mikir kapan lagi gw nyoba takoyakinya Osaka, akhirnya gw beli deh. Hahahaha.. Rasanya? Hmm.. Ga beda jauh tuh sama takoyaki yang di Indonesia. Agak2 nyesel juga sih belinya.
Setelah makan okonomiyaki dan takoyaki, gw balik ke hotel dan tidur deh. Itulah hari pertama gw di Osaka.

Di hari kedua, gw main ke Universal Studio Japan!!! Yeah.. Tiket masuknya harganya 5800 Yen alias 580 ribu rupiah (Kalo 2 hari jadi 10ribu Yen alias 1 juta rupiah). Walaupun mahal, tapi worth it banget!! Pokonya USJ oke banget lah. Permainannya seru, fasilitasnya oke, tamannya bagus, sisi minus dari USJ ini cuman harganya doang. Hehe.. Dari harga makanan di stand, restoran, sampe harga souvenir di souvenir shopnya semuanya lumayan mahal. Tapi karena gw ke sana cuman sekali-sekali, jadi gw beli juga tuh souvenir. Hehe. Kalo temen-temen ke USJ Osaka, wahana yang harus dinaikin adalah Shrek 4D, Spiderman, Back to The Future, Snoopy, dan roller coasternya. Btw, setiap malemnya, kalo udah mau tutup, sekitar jam 8 an malem(fyi, USJ tutup jam 9) bakal ada parade yang baguuuuuuusss banget. Wow, 4 jempol untuk USJ, kurangin satu jadi 3 jempol karena souvenirnya mahal. :P
Selesai main di USJ, gw balik ke Saijo naik bis malem. Sekali lagi, untung bisnya nyaman, sehingga gw bisa tidur dengan enak malem itu.

Oke, itu dia pengalaman gw di Osaka. Kesimpulan gw, Osaka mantap! Gw kagum sama sistem transportasinya baik subway maupun kereta dalam kotanya yang walaupun stasiunnya banyak dan line nya ada banyak, tapi gampang banget buat dimengerti, bahkan buat orang yang pertama kali ke Osaka, contohnya gw. Hehe. Kalau ada kesempatan ke Jepang, temen2 harus main ke Osaka ya! :)




6 komentar:

  1. - Nah, sekarang sudah mulai kelihatan suasana perkotaan jepang bang hahaha.

    - Wow, ternyata jepang ada Universal Studio juga.

    - Kuil Shitenoji nya keren, bentuknya seperti mangkok.

    - Yah biarpun tsutenkaku nya tak memuaskan, setidaknya keren lah bisa ada pengalaman ke tempat yang "notable". Tidak semua pembaca Conan Indonesia pernah ke sana.

    BalasHapus
  2. Hai mik! iya doong.. haha. di sini ada universal Studio, Disneyland dan Disney Sea (nyombong. hahaha).
    Yang tentang Tsutenkaku, ya bener juga sih ya. hehe. at least gw udah pernah ke sana.
    udah jarang update blog lagi nih mik?

    BalasHapus
  3. takoyaki nya enakan buatan inez kan sef?
    *comment ngga penting :D

    Pengen deh ke jepaang,mumpung ada josef,bisa numpang dan ada tour guide,hahaha,saya kumpulin harta dulu deh di sini

    BalasHapus
  4. iya, enakan yang buatan inez lan. hahaha.. oke.. mampirlah ke sini wulaan.. :D

    BalasHapus
  5. asliiii mupeng abis gwe...huaaa...andai gwe punya pintu kemana ajah..gwe bakal ngungsi ke jepang...T^T

    betewe..ribet ga jalan2 dan transportasi di osaka??maklum orang udik yang tinggal di jakarta dengan tipe transportasi sehari2 adalah angkot dan metromini..thanks yaaa infonya...

    BalasHapus
  6. Heyhey.. Salam kenal.. (namanya Iphiet kah?)
    Haha.. Jepang ga segitu menyenangkannya ko. Terutama buat student yang lagi belajar di sini. Buat gw sih tetep Indonesia tempat paling nyaman. Haha..
    Soal transportasi, di Osaka gampang banget kalo mau ke mana2. Jalur kereta api nya gampang dimengerti. Ga kaya Tokyo yang jalurnya ribet abis. Hehe..
    Sama2. :)

    BalasHapus